Senin, 04 Februari 2013

Bursa Asia merangkak ke level tertinggi 18 bulan

Bursa Asia menanjak ke level tertinggi dalam 18 bulan terakhir pada transaksi pagi (4/2). Pada pukul 10.03 waktu Tokyo, indeks MSCI Asia Pacific naik 0,4% menjadi 133,28. Sementara itu, indeks Nikkei 225 Stock Average naik 0,3%. Indeks S&P/ASX 200 Australia naik 0,1%, serta indeks Kospi Korea Selatan naik 0,2%.

Pergerakan sejumlah saham turut mempengaruhi pergerakan bursa Asia. Beberapa di antaranya yakni: Rio Tinto Group yang naik 1,5% di Sydney dan Sony Corp yang melompat 6,4% di Tokyo. Selain itu, saham Panasonic Corp terbang 13% setelah melaporkan kinerja kuartal III tahun fiskal ini.

Analis menilai, ada dua faktor yang mengerek bursa Asia pagi. Pertama, data penambahan tenaga kerja AS. Kedua, data jasa industri China yang tumbuh tercepat sejak Agustus lalu.

"Secara umum, perekonomian global menunjukkan angka yang sangat baik. Pimpinan perusahaan menjadi lebih percaya diri mengenai outlook pertumbuhan ekonomi. Investor juga merasakan hal yang sama," jelas Matthew Sherwood, head of investment market research Perpetual Investment.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar